Lonjakan Harga Komponen Tak Terhindarkan ST

- Dec 18, 2020-

2020 akan segera berakhir, dan tahun ajaib ini juga akan berakhir. Namun, seiring dengan mendekatnya tahun baru, pasar komponen semakin menunjukkan antusiasme. Mungkin untuk memiliki tahun yang baik, banyak produsen yang menawarkan untuk menaikkan harga. Dan putaran kenaikan harga ini datang dengan kekerasan, dan memiliki berbagai dampak. Dari bahan mentah hingga keripik, hingga pengemasan, harga-harga telah meningkat secara drastis.


Dan baru-baru ini, ST, raksasa di industri semikonduktor, juga mengeluarkan pemberitahuan kenaikan harga, mengumumkan bahwa mulai 1 Januari 2021, harga semua produk akan naik. Alasan kenaikan harga yang diberikan oleh ST adalah karena pasokan bahan baku yang tidak mencukupi, kenaikan biaya dan persyaratan komersial yang lebih ketat, tetapi permintaan masih kuat, ST memutuskan untuk menaikkan harga semua lini produk. Jelas, gelombang kenaikan harga komponen telah bergejolak.


Kekurangan wafer dan permintaan yang meningkat telah menyebabkan kekurangan komponen dan kenaikan harga


Dilihat dari pasar komponen baru-baru ini, karena kekurangan wafer 8 inci, rangkaian produk seperti MCU, IC driver, IC manajemen daya, MOSFET, dll semuanya telah menerima berita kenaikan harga. Mengambil MCU ST&# 39 sebagai contoh, perubahan harga akhir-akhir ini pada dasarnya dihitung dalam jam, dan ada beberapa harga dalam satu hari. Beberapa model MCU yang sangat umum telah meningkat lebih dari tiga kali lipat, dan periode pengiriman juga mulai diperpanjang hingga sekitar 30 minggu. Seseorang mengolok-olok bahwa MCU ST&# 39 naik lebih cepat dari harga rumah di Shenzhen&# 39.


Tian Jiping, wakil presiden pengembangan pasar dan bisnis untuk Mouser Electronics Asia Pasifik, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan para penggemar elektronik bahwa dengan akhir tahun 2020, industri semikonduktor juga telah mengantarkan putaran baru" out of stock tide" ;. Alasan utama kekurangan saat ini adalah kapasitas hulu yang tidak mencukupi dan kontradiksi antara penawaran dan permintaan di industri hilir.


Di era pasca-epidemi, proses komersial 5G telah mempercepat proses transformasi digital, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan permintaan pasar yang berkelanjutan untuk produk chip, yang mengakibatkan kapasitas produksi pengecoran tidak mencukupi belakangan ini. Ini juga merupakan MCU terbaru, chip manajemen daya, dan chip driver tampilan. , Semikonduktor daya MOSFET dan produk lainnya sudah habis.


Saat ini permasalahan keterbatasan kapasitas pada industri semikonduktor telah menjalar ke industri otomotif sehingga menyebabkan beberapa modul penting tidak dapat diproduksi. Karena pasokan global chip semikonduktor yang ketat, tidak dapat dipungkiri bahwa kekurangan barang akan meningkatkan harga. Pada analisa akhir, pasokan komponen sedikit, namun ini juga menjadi peluang bagi pabrikan dalam negeri yang sudah siap.


Tang Peitian, direktur operasi di Weiyang Mall, juga mengatakan kepada para pecinta elektronik bahwa pasar komponen memang sedang bergejolak di tahun 2020. Selain faktor epidemi dan politik internasional yang menyebabkan pasokan material hulu salah menilai pasar, faktor terpenting adalah permintaan pasar yang kuat dan manufaktur hilir. Sebagai hasil dari transfer tersebut, ledakan pembuatan inti dalam negeri juga berperan dalam menyulut api.


Namun, dari perspektif pasar distribusi, Tang Peitian percaya bahwa baik itu distributor atau pedagang, itu lebih menguntungkan. Distributor besar pertama-tama harus melindungi pelanggan besar, yang pasti akan mendorong desentralisasi permintaan terminal kecil, yang akan meningkatkan peluang bagi pedagang dan platform e-commerce. Namun, apakah pedagang dan platform e-niaga dapat memanfaatkan kesempatan ini juga merupakan ujian bagi kemampuan saluran mereka. Mirip dengan Weiyang, Mouser, Digikey, dll., Yang menjual di tempat, keunggulan platform distribusi katalog akan lebih menonjol.


Dalam menghadapi pasar saat ini, saran Mouser Electronics adalah bahwa produsen hilir harus merencanakan manajemen risiko perusahaan dari perspektif jangka panjang, seperti menyimpan terlebih dahulu kapan saja untuk menghindari atau mengurangi kekurangan bahan berikutnya, memastikan kapasitas produksi yang memadai, dan mempertahankan pesanan, Dan memilih mitra pemasok yang andal dan menjaga hubungan yang baik dengannya dalam proses juga merupakan faktor penting untuk memastikan produksi dan operasi perusahaan yang stabil. Selain itu, pabrikan hilir harus memperhatikan observasi pasar, memeriksa kebocoran sesuai permintaan pasar, merumuskan R& D dan rencana produksi yang efisien, serta membentuk daya saing pasar yang baik.